Cara Terbaru dan Temudah Mendaftarkan Blog / Web ke Google Webmaster

Ingin blog WordPress anda cepat terindeks oleh mesin pencari nomor satu di dunia? Ya, ini cara mendaftarkan blog atau website ke Google Webmaster Tools, saya rasa setiap blogger pasti ingin artikel/tulisannya dapat terindex di halaman pertama mesin pencari terlaris di Indonesia yaitu http://www.google.co.id.

Sebenarnya banyak cara yang dilakukan agar tulisan-tulisan kita dapat bersahabat dengan mesin pencari ini, seperti mengupdate blog secara rutin dengan tulisan asli pemikiran sendiri (bukan copy-paste), rajin blog walking dan menambah komentar yang sesuai dengan tema tulisan, membuat internal link ke halaman blog sendiri, bertukar link dan lainnya..

Selain dengan menerapkan cara-cara diatas, ada satu lagi hal yang tidak boleh kita abaikan untuk mengoptimalkan blog, yaitu Mendaftarkan blog wordpress ke google webmaster, dan bagi sahabat yang belum melakukan cara ini, mari kita ikuti langkah-langkahnya.

Silahkan masuk website Google Webmaster Tools

jika anda belum login ke Google, maka anda akan mendapatkan halaman web-nya seperti berikut.

caramendaftarblogdigooglewebmastertools1

Silahkan masukkan email google Anda beserta Passwordnya. Jika anda sudah mempunyai akun Google, login terlebih dahulu. Jika anda belum mempunyai akun Google, maka buatlah akun Google terlebih dahulu Disini

Setelah Sign in, maka akan muncul halaman Webmaster, lihat pada pojok kanan atas dan klik tombol [Tambahkan Situs] sebelah kanan halaman web dengan tab berwarna marun.

caramendaftarblogdigooglewebmastertools2

Langsung saja masukkan alamat blog WordPress Anda, lalu klik tombol Terus.

caramendaftarblogdigooglewebmastertools3

Kemudian anda akan mendapatkan halaman web “Verifikasi Kepemilikan”. Verifikasi kepemilikan ini untuk memastikan bahwa anda benar pemilik dari blog atau website yang didaftarkan di Google Webmaster Tools.

caramendaftarblogdigooglewebmastertools4

Pilihlah “Metode Alternatif” pada halaman “Verifikasi Kepemilikan” dan pilih “Tambahkan tag meta ke beranda situs Anda”

caramendaftarblogdigooglewebmastertools5

Copy semua Meta Tag yang ada, yang selanjutnya akan kita Pastekan pada Menu [Perkakas] pada WordPress Anda. Dan dipaste di tempat yang saya beri lingkaran kuning seperti gambar dibawah ini & kemudian save.

caramendaftarblogdigooglewebmastertools6

Note : Jangan tutup dulu halaman Verifikasi ini, karena setelah memasukkan tag meta Anda akan kembali ke halaman ini untuk mengklik tombol Verifikasi.

Selanjutnya login ke Dashboard WordPress Anda, pilih menu [Perkakas] pilih [Perkakas yang Tersedia] lalu pastekan meta tag tadi ke kolom [Google Webmaster Tools] dan jangan lupa [Simpan Perubahan].

caramendaftarblogdigooglewebmastertools-wordpress

Setelah perubahan meta tag verifikasi tadi sudah dilakukan, Silahkan kembali ke halaman Webmaster tempat Anda mengcopy code meta tag tadi lalu klik tombol [Verifikasi].

Jika verifikasi kepemilikan blog atau website berhasil, maka selesai sudah cara mendaftarkan blog atau website di Google Webmaster Tools.

caramendaftarblogdigooglewebmastertools7

Kita bisa melakukan daftar untuk beberapa blog dengan cara yang sama.
Data-data di Google Webmaster Tools untuk blog tidak secara otomatis atau online dapat dilihat dengan segera. Butuh beberapa waktu, minimal 2 minggu, untuk Google membuat daftar parameter-parameter blog atau website yang didaftarkan.
Semoga tutorial cara mendaftarkan blog atau website di Google Webmaster Tools ini ada manfaatnya.

Selamat Mencuba

~ Articel menarik lainnya

Iklan

One comment

  1. […] Daftarkan blog sobat ke webmaster tools milik google. cara daftarnya disini CARA TERBARU DAN TEMUDAH MENDAFTARKAN BLOG / WEB KE GOOGLE WEBMASTER , jika sobat telah mendaftarkannya lansung ke pokok masalah […]

    Suka

Kunjungan balik ke blog sobat yang berkomentar sudah barang tentu !!! Terima Kasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s