Tradisi Etnik Kerajinan Tangan Nusantara Aceh

KERAJINAN TANGAN– Tikar bercucuk

tikar3

Seuke (dalam bahasa Aceh) disebut juga dengan daun pandan adalah bahan baku yang sering digunakan dalam membuat kerajinan anyaman. Dahulu, anyaman pandan ini hanya digunakan untuk membuat tikar saja, namun kini berbagai macam barang dapat dihasilkan dari anyaman pandan ini antara lain, aneka tas, sandal, sarung bantal kursi dan lain sebagainya. Anyaman pandan ini banyak ditemui di Kabupaten Pidie, Kabupaten Pidie Jaya dan kabupaten Aceh Utara..

Sekarang ini banyak lembaga sosial maupun dinas pemerintah lokal yang peduli akan prospek usaha kerajinan anyaman pandan ini sehingga banyak melakukan pelatihan bagi pengrajin masyarakat lokal mengenai model maupun jenis yang bisa dibuat dari anyaman pandan.

Proses Pembuatan

Bahan baku anyaman pandan adalah daun pandan yang panjangnya mencapai 2 (dua) meter. Daun pandan disayat atau dibelah- belah menurut alur memanjang setelah dibersihkan terlebih dahulu. Daun pandan ini diebus dalam air panas agar menjadi lunak, serta untuk mematikan hama, kemudian diangkat dan dikeringkan dengan menjemurnya pada panas matahari.

Setelah kering, diberi warna sesuai keinginan dengan mencelupkannya kedalam zat cairan zat pewarna yang telah dimasak dengan air panas,lalu diaduk hingga rata. Setelah warna merata, lalu diangkat dan dijemur lagi hingga kering. Setelah kering, maka pandan ini siap untuk dianyam. Bahan baku yang telah siap pakai ini dianyam sesuai denga kebutuhan, baik dengan motif yang diinginkan maupun dalam bentuk polos.

tikar

Tikar Pandan Simeulue Masyarakat Aceh sudah mengenal anyaman pandan dari dahulu khususnya masyarakat di pesisir pantai dimana banyak terdapat pohon pandan (bak seukeu). Khusus bagi masyarakat Simeulue menganyak tikar pandan sudah menjadi tradisi yang dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat disana dan menjadi kegiatan rutin bagi para\wanitanya.

Di Simeulue Barat, Tikar Pandan ini merupakan bagian dari ritual adat dan biasanya digunakan pada saat upacara pernikahan, menyambut tamu, upacara kematian dan ucapan doa selamat untuk anak yang baru lahir dan sebagainya.

– Anyaman pandan

download

Seukeu (dalam bahasa Aceh) disebut juga dengan daun pandan adalah bahan baku yang sering digunakan dalam membuat kerajinan anyaman. Dahulu, anyaman pandan ini hanya digunakan untuk membuat tikar saja, namun kini berbagai macam barang dapat dihasilkan dari anyaman pandan ini antara lain, aneka tas, sandal, sarung bantal kursi dan lain sebagainya.

Anyaman pandan ini banyak ditemui di kabupaten Pidie Jaya dan kabupaten Aceh Utara. Sekarang ini banyak lembaga sosial maupun dinas pemerintah lokal yang peduli akan prospek usaha kerajinan anyaman pandan ini swehingga banyak yang melakukan pelatihan kepada pengrajin lokal mengenai model maupun jenis yang bisa dibuat dari anyaan pandan.

– Nepa

nepa

Nepa adalah sejenis gerabah yang dalam bahasa Gayo mempunyai arti meratakan tanah liat. Kerajinan Nepa banyak ditemukan di kabupaten Aceh Tengah.

Gerabah ini pada umumnya dalam masyarakat Gayo digunakan untuk keperluan sehari-hari seperti: periuk (Kuren) untuk memasak nasi dengan tutupnya (Kiup), untuk memasak sayur (Belanga), Piring (Capah), Cangkir (Cerek) dan beberaa kendi laki-laki dan perempuan (Keni Rawan Orum Banan).

Bagi wisatwan yang datang ke kabupaten Aceh Tengah bisa menemukan produk-produk gerabah ini di setiap toko-toko yang ada disana.

 

 

– Batok kelapa

2-batok-kelapa-pembuka-pi

Pulau Weh memiliki Sentra Industri Batok Kelapa di Desa Ie Meulee-Ujung Kareung. Kerajinan dari Batok Kelapa ini dijadikan souvenir-souvenir cantik yang bisa dijadikan koleksi cinderamata jika berkunjung ke kota Sabang (pulau Weh). Kerajinan dari batok kelapa ini juga dijual di toko-toko souvenir di Jalan Perdagangan Sabang.

~ Articel menarik lainnya

Iklan

Kunjungan balik ke blog sobat yang berkomentar sudah barang tentu !!! Terima Kasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s